galih
Blog Universitas Komputer Indonesia

KONVERGENSI MEDIA, INTERNET DAN MEDIA MASSA DALAM PUBLIC RELATIONS

KONVERGENSI MEDIA, INTERNET DAN MEDIA MASSA DALAM PUBLIC RELATIONS
        Manusia merupakan mahluk hidup yang memliki kelebihan istimewa dibandingkan dengan mahluk lainya, karena menusia memilik dan tingkat intelegensi yang tidak dimiliki oleh mahluk lainya, akal budi tersebut menggerkan manusia untuk memenuhi kebutuhnya untuk bertahan hidup.  Selain kebutuhan fisik seperti pangan, sandang dan papan juga kebutuhan sosial seperti kehidupan berdampingan dengan manusia lain yang juga menjadi hakikat sebagai mahluk sosial, manusia membutuhkan kebutuhan lain yang tak kalah penting yaitu kebutuhan akan informasi.
    Di temukannya internet, membuat media massa sebgai pertanda kehidupan moderen (seeprti televisi, radio, surat kabar dan film) di anggap ketinggalan jaman. Sekarang media massa adalah “media tradisional”.
 
Konvergensi dan media massa
        Mengintergrasikan teknologi internet dan multemedia dengan mengombinasikan teknologi digital, satelit, dan seluler untuk menyampaikan teks, audia, gamabar, grafik dan visual kepada khalayak pembaca, pendegar dan pemirsa kapan saja dan diman saha mellui sebuah perangkat personal ex: surat kabar, digital ezine (electronic magazine) epr (Elektronik public relations) Radio, Web. TV multimedia.
 
      Perkembangan public relations baik ilmu maupun profesi tidak bisa lepas dari perkembangan teknologi komunikasi. Pengaruh teknologi komunikasiterhadap PR dapat berbentuk sebgai alat media PR ataupun baru dari kegiatan PR, yang memunculkan istilah Cyber PR, Net PR, dan nama alain bentuk kegiatan atau bidang kajian PR dalam dunia, Cyber (dunia maya. Populasi istuilah Cyber tahun 1990-an ketika jaringan komputer sudah mampu menyampaikan dan mengirim dalam jumlah besar dan dalam kecepan tinggi sekali. Rogers dalam bukunya Communication Technology mengemukkan telah terjadinya wujud teknologi komunikasi baru pasca 1980-an dengan munculnya komputer satelit.
        PR sebagai ilmu maupun sebagai profesi, sesuatu yang tidak bisa ditawar – tawar dad program PR atau konsultan PR yang ditawarkan melalui internet, sehingga sebagai pengguna internet yang banyak di kunjungi publik. Memasuki era reformasi, peran teknologi komunikasi perlu diadopsi oleh insan PR, sebgai pengguna maupun pembuatan konten teknologi tersebut Era Reformasi ini, seperti dikatakan Alvi Toffler (1980) merupakan gelombang ketiga yang sangat penting dalam sejarah umat manusia. Era sebelumnya adalag gelombang kedua, ditandai dengan perkembangan industri, yakni tenaga hewan dan manusia di ganti mesi. Gelombang pertama adalah pertania (Nasution, 1989).
   Kendati PR telah menggunakan kegiatan melalui internet, tidak berarti PR meneyepelekan media massa lainya. Media Massa lainya tetap terpenting dalam menyebarkan berita atau Informasi PR.
Keuntungan PR dalam menggunakan internet :
1. Informasi cepat sampai pada publik.
2. Internet dapat berfungsi sebgai iklan, media, alat marketing sarana penyebaran
    informasi dan promosi.
3. Siapapun dapat  mengakses internet.
4. Tidak dapat terbatas oleh ruang dan waktu.
5. Internet dapat membuka kesempatan melakukan hubungan komunikasi dalam
    bidang pemasaran secara langsung.
 
               konvergensi-media-massa/
 
Analisis :
      Dunia PR saat ini sudah semakin meluas, semakin meluas aktivitas PR yang melalui nternet memungkinkan PR menjalin hubungan baik untu mempertahankan dukungan pihak internal dan eksernalnya. Publik akan sangat bergantung kepada PR sebgai sumber Informasi berita yang tidak tersaji di surat kabar dan media massa lainya.
Kendati PR melakukan penggunaan internet, tidak berarti harus menyepelekan media lainya. Media internet tetap menjadi bagian terpenting dalam melakukan penyebaran informasi dan berita PR.

     Keberhasilan Program PR bergantung pada siapa publiknya, bagaiman strategi yang digunakan, dapat tidaknya mempengaruhi kemampuan perushaan dalam membina hubungan baik dan dialog yang sehat agar perusahaan dan publiknya semakin dekat dengan menggunkaanya konvergensi media massa, dari situlah dibutuhkan uapaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut yaitu bagaiman kita memperoleh informasi yang kita butuhkan untuk 

 

:-bdSEMOGA BERMANFAAT:-bd

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Sabtu, 01 Desember 12 - 07:14 WIB
Dalam Kategori : KONVERGENSI MEDIA, INTERNET DAN MEDIA MASSA DALAM PUBLIC RELATIONS
Dibaca sebanyak : 738 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback